Rabu, 07 Maret 2012

Makan cepat bisa menyebabkan gemuk?




FillOwl: Ya ampun belum selesai juga makannya Phill?Perasaan lo yang lebih dulu makan dech,kalau kata orang tua  zaman dulu sich kalau makannya lama gini rejekinya keburu kepatok ayam lo.

Phill :Yey,biarin makan kan harus dinikmati dengan santai dan tenang.Emangnya lo main telen aja tuh makanan gak pake dikunyah lagi,makanan kan harus dikunyah 32 kali biar pas masuk ke usus jadi lembut jadi mencernanya juga gampang dan sehat.

FillOwl:Enak aja main telen,guwe juga kunyah dulu kaleee tapi gak selama lo nguyahnya.Mentang-mentang calon dokter sok ilmiah lo.

Phill: Yey,ngenyel amat niy anak ,dikasih tau yang bener gak percaya.Badan udah segede kuda nil gitu bukannya tobat jangan makan buru-buru kayak dikejar ma setan.Asal lo tau ya  makan buru-buru tuh bisa nyebabpin gemuk tau.

FillOwl : Akh, kata siapa lo,sotoy dasar.Mana buktinya?

Phill: Ada kok buktinya niy menurut temuan penelitian di Selandia Baru bilang gitu kok. Dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of American Dietetic Association, para peneliti menemukan bahwa wanita berusia 40-50 yang makan cepat lebih cenderung menjadi gemuk daripada yang makan lambat.Bahkan, menurut penelitian di Jepang sebelumnya, makan cepat bisa menyebabkan dua kali lipat resiko kelebihan berat badan. Universitas Osaka memantau kebiasaan makan dari 3.000 orang. Mereka menemukan kesimpulan 84 persen laki-laki yang makan cepat, lebih mungkin untuk mengalami kegemukan."Makan terlalu cepat membuat otak kita tidak menyadari bahwa perut sudah penuh,"kata  profesor fisiologi metabolik di Universitas Nottingham, Ian McDonald.Pada saat yang sama, hormon ghrelin yang memberi sinyal ketika perut merasa lapar menurun. "Diperlukan waktu selama 20 menit setelah anda mulai makan, sampai pesan untuk berhenti sampai ke otak. Sederhananya, makan terlalu cepat, dan Anda cenderung memenuhi perut dengan makanan berlebih,” kata McDonald.Bahkan konsultan pencernaan di Klinik London dan Rumah Sakit St Mark di London, David Forecas mengatakan makan terlalu cepat juga meneyebabkan perut kembung. “Banyak udara yang tertelan sehingga perut menjadi tidak nyaman,”kata dia. Menurutnya, orang rata-rata membutuhkan waktu minimal 20 menit untuk makan. 

FillOwl: Wew ternyata gitu ya,gak nyangka guwe.Wah ternyata lo gak percuma juga ya sekolah kedokteran.n

Phill: Capek dech masa yang kayak gitu juga gak tau,cari di internet juga banyak kalee.Makannya kalau ada internet itu dipake yang bener jangan online mulu di facebook or twitter.


Sumber:Republika – Kam, 24 Nov 2011 11:51 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chat Me Please.....